Curug Tonjong Wanareja Cilacap

Curug Tonjong Wanareja Cilacap

 Hallo teman!

Baru bisa update nih, setelah beberapa waktu saya ga update blog, kali ini saya bawa rekomendasi tempat traveling ala ala di cilacap, khususnya cilacap barat. Apa itu? Jawabanya adalah curug tonjong. Curug ini merupakan sungai dengan bebatuan besar dan kokoh mulai dari hulu sampai ke muara bawah. Tipe air jernih karena sudah tersaring secara alami oleh bebatian dan elemen alami lainya. Curug tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5m saja, namun ada beberapa titik curug dalam satu tempat.

Tipe air sungai dan curugnya terbilang tenang, bisa digunakan untuk berenang, saya katakan tenang karena mungkin lagi jarang hujan ya, gak tau kalo hujan. Akses dari jalan besar menuju curug melintasi gang perkampungan penduduk. Untuk yang bawa motor dan mobil bisa parkir diujung gang ini sekaligus juga ujung perkampungan.


Nah dari tempat parkir ini, kita diharuskan jalan kaki kira-kira 150-200 meter kedalam hutan. Akses cukup mudah, tanahnya sedang, tapi kalo hujan becek dan kering harap hati-hati. Untuk ke sini alamatnya sbb:

Desa bantar, kec wanareja, kab cilacap.

Ketik saja di map curug tonjong wanareja cilacap.

Biaya masuk tidak ada

Kalo bawa mobil cukup bayar iuran jalan.

12 komentar

  1. kalau musim hujan tak sesuai kan datang ke sini sebab batuannya mesti licin

    BalasHapus
  2. p/s hai mas apa khabar? sihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sehat..bagaimana mba anies sihat juga kah

      Hapus
  3. curugnya masih kelihatan bersih mas, apa memang masih banyak yang belum tau? mudah-mudahan gak jadi kotor ya.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini banyak potensi wisata yang memang belum terburus...

      Hapus
  4. Iya biasanya kalo kita mau main ke curug, motor dititipkan di parkiran ujung pedesaan. Main ke curug cocok untuk orang yang hobi naik gunung tanpa perlu berkemah, karena jaraknya tidak terlalu jauh, medan pendakiannya juga cukup mudah untuk pemula.

    BalasHapus
  5. Sepertinya masih belum ada sarana pendukung ya mas, seperti kamar ganti, toilet umum dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pure alami masih perawan ..wisatawanya juga lokal

      Hapus
  6. wah seger tenan wisata curugnya. Bisa nieh kuagendakan kalau pas dolan tempat sedulur cilacap..sambil cari oleh oleh khas sana apa ya kira kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gembus mbak khas juga, terus mendoan yang lebar...

      Hapus