Makin Maraknya Intoleran Dimasa Digital

Makin Maraknya Intoleran Dimasa Digital

Hari minggu saya bergegas mandi, bahagianya setelah 6 hari saya selalu berkutat dengan sekolah, belum lagi PR dan harus menghadapi guru yang menurut saya killer, saya pernah ketahuan coba coba merokok dan diadukan oleh anak perempuan teman sekelas dan akhirnya di skors orang tua dipanggil kesekolah, pernah saya mengadu ke bapak saya kalau saya dipukul guru, tapi malah bapak saya menambah pukulan yang saya kira tadinya saya mengharapkan dapat pembelaan dari sana...ahhh masa masa indah ternyata baru tau artinya sekarang. 



Sekarang?? gak ada lagi guru berani memarahi anak orang, takut!! takut tersandung hukum, alih alih memberi makan anak istri dengan gaji honorer yang tidak seberapa yang ada nanti malah masuk bui karena masalah hukum. Sekarang?? tidak sudah sangat jarang saya temui anak membungkuk memberikan salam ketika berpapasan dengan gurunya, ada? mungkin saya yang KUPER kali ya kurang tau update trend pergaulan anak sekarang. GUNDU, PETAK UMPET, GOBAK SODOR haaaaaahhhhh apa itu kampungan!! Gadget donk, hey wake up mas ini jaman 4.0 move on dong, tinggalin yang gituan itu mah permainan nenek nenek ( iya juga sih ya apa mungkin saya memang kurang update) saya cuma ga mau tradisi nenek moyang identitas diri (kesopanan, unggah ungguh, tradisi) sampai luntur.

Mungkin perasaan saya saja yang merasa terjajajh oleh bangsa lain. Lahmaksudnya gimana mas?? iya... kan kita pakai teknologi luar, mobil juga luar, saya aja ngetik di komputer buatan luar, malah lebih bahaya penjajahan zaman ini, HALUUUSSS.. GAK BERASA SAKIT KENA TEMBAKAN, MUSUH pun SUSAH DICARI tau-tau mati ya mati rasa mati rasa empati mati sosial bahkan anti, gak seneng ya maki-maki pukul apa itu empati itu kan budaya nenek moyang yang usang, gak gaul.

Ada apasih dengan saya ini, gak bisa beradaptasi kah dengan perkembangan jaman sekarang, saya kadang merenung kenapa berbeda dengan masa kecil saya yang begitu mengesankan bercakap, berinteraksi, ahh sudahlah saya memang kuper, percuma juga perduli dengan kondisi situasi moral masyarakat toh masih ada presiden, gubernur, bupati, polisi dll. saya cukup saya.


16 komentar

  1. Cukup meresahkan memang dengan penjajahan model seperti adanya produk luar.

    Saya pun maunya mempertahankan budaya yang santun, tapi saat ini cukup sulit mas.
    Media sosial yang terlalu bebas yang mengandalkan kata “bebas berpendapat” membuat semua orang begitu liar dan kehilangan jati dirinya.

    BalasHapus
  2. Sekarang memang sudah jarang anak yang kalo mau sekolah cium tangan orang tuanya, sopan santun juga berkurang jauh, mungkin ini disebabkan karena mereka kebanyakan bermain hape.

    Benar banget, sekarang jarang atau bahkan sudah tak ada guru yang mukul muridnya. Di satu sisi agar murid tidak kebablasan tapi juga takut kena KUHP

    BalasHapus
  3. Zaman saya malah jauuuuuhhh berbeda dari sekarang. Tinggal kita menyikapinya. Terima kasih telah berbagi kisah ananda Alfan.

    BalasHapus
  4. Budaya kini telah berubah
    yang dukunya aneh, kini dianggap normal
    kalau saya mah, jarang banget ngikuti berita terkini atau trend
    lebih asik atau focus cari duit
    focus ngeblog atau ngeyoutube
    ah pada intinya semua itu hanyalah sebuah konten hehe

    BalasHapus
  5. jaman saya sekolah dulu lebih ngeri dibandingkan yang sekarang dah, dulu kalau kita salah ngadu ke orang tua, malah digebuk, kalau sekarang malah

    BalasHapus
  6. Saat kita mulai berucap, "jaman saya...." artinya kita sudah tua...hahaha..Rasanya setiap jaman memiliki problemnya sendiri-sendiri. Cuma kitanya nggak nyadar dulu saat orang tua berkata hal yang sama.

    BalasHapus
  7. suka atau tidak kita harus menerima perubahan budaya. bagi saya asalkan tidak menyalahi agama, why not we accept it?

    BalasHapus